Laporan Antarmuka Mikrokontroler Dengan LCD 16x2

21:50 Unknown 0 Comments

ANTARMUKA MIKROKONTROLER DENGAN PENAMPIL LCD
(Liquid Crystal Display)

1.      TUJUAN
  • Mengetahui dan memahami cara mengantarmukakan mikrokontroler dengan modul penampil LCD.
  • Mengetahui dan memahami bagaimana memrogram mikrokontroler untuk menampil­kan karakter ke penampil LCD.
2.      DASAR TEORI
2.1 LCD M1632
Modul LCD M1632 seperti dalam Gambar 5.1 merupakan modul LCD dengan tampilan 16 x 2 baris dengan konsumsi daya yang rendah. Modul ini dilengkapi dengan mikrokontroler yang didisain khusus untuk mengendalikan LCD. Mikrokontroler HD44780 buatan Hitachi yang berfungsi sebagai pengendali LCD ini mempunyai CGROM (Character Generator Read Only Memory), CGRAM (Character Generator Random Access Memory), dan DDRAM (Display Data Random Access Memory).

Gambar 1.1 Modul LCD M1632

LCD ini memiliki 16 kaki, sebagaimana ditunjukkan dalam Tabel 1.1.

Tabel 1.1 Konfigurasi Pin LCD M1632
No
Kaki
Deskripsi
1
Vss
0V (GND)
2
Vcc
+5V
3
VLC
LCD Contrast Voltage
4
RS
Register Select; H: Data Input; L: Instruction Input
5
RD
H:Read; L: Write
6
EN
Enable Signal
7
D0
Data Bus 0
8
D1
Data Bus 1
9
D2
Data Bus 2
10
D3
Data Bus 3
11
D4
Data Bus 4
12
D5
Data Bus 5
13
D6
Data Bus 6
14
D7
Data Bus 7
15
V+BL
Positive Backlight Voltage
16
V-BL
Negative Backlight Voltage

2.2  DDRAM
DDRAM adalah merupakan memori tempat karakter yang ditampilkan berada. Contoh, untuk karakter ‘A’ atau 41H yang ditulis pada alamat 00, maka karakter tersebut akan tampil pada baris pertama dan kolom pertama dari LCD. Apabila karakter tersebut ditulis di alamat 40, maka karakter tersebut akan tampil pada baris kedua kolom pertama dari LCD. Posisi ini ditunjukkan dalam Gambar 5.2.


Gambar 1.2 Posisi DDRAM

2.3  CGRAM
CGRAM adalah merupakan memori untuk menggambarkan pola sebuah karakter di mana bentuk dari karakter dapat diubah-ubah sesuai keinginan. Namun memori ini akan hilang saat power supply tidak aktif, sehingga pola karakter akan hilang.

2.4  CGROM
CGROM adalah merupakan memori untuk menggambarkan pola sebuah karakter di mana pola tersebut sudah ditentukan secara permanen dari HD44780 sehingga pengguna tidak dapat mengubah lagi. Namun karena ROM bersifat permanen, maka pola karakter tersebut tidak akan hilang walaupun power supply tidak aktif. Pada Gambar 6.3, tampak terlihat pola-pola karakter yang tersimpan dalam lokasi-lokasi tertentu dalam CGROM. Pada saat HD44780 akan menampilkan data 41H ke DDRAM, maka HD44780 akan mengambil data di alamat 41H (0100 0001) yang ada pada CGROM yaitu pola karakter A.
Dalam Gambar 1.4 modul LCD dihubungkan ke PORTB mikrokontroler dimana kaki RS, RD, EN terhubung ke PORTB.0-PORTB.2 dan D4, D5, D6, D7 terhubung ke PORTB.4-PORTB.7.



Gambar 1.3 pola Karakter dalam CGROM

Gambar 1.4 Rangkaian LCD

3.      ALAT DAN BAHAN YANG DIGUNAKAN
  • 1 set PC/Laptop yang sudah berisi program Code Vision dan Khazama
  • 1 buah catu daya DC +5V
  • 1 buah multimeter
  • 1 buah ISP Downloader AVR
  • 1 buah sistem minimum AVR
  • 1 buah LCD
  • 1 buah kabel printer USB

4.      PROSEDUR PRAKTIKUM
1.      Rangkailah peralatan yang diperlukan seperti dalam Gambar 1.5. Hubungkan soket jumper PORTB pada minimum system dengan soket jumper pada LCD
.
Gambar 1.5 Rangkaian antarmuka mikrokontroler dengan LCD

2.      Buka program Code Vision AVR
3.      Buatlah file project (.prj) kemudian pilih IC yang digunakan (ATmega8535) dan atur clock 4.000 Mhz. (seperti praktikum sebelumnya)
4.      Klik sub tab Libraries>>Alphanumeric LCD (alcd.h). Centang Enable Alphanumeric LCD Support kemudian sesuaikan pada gambar di bawah ini. Kemudian klik OK


5.  Buatlah file source (.c) kemudian hubungkan file project dengan file source seperti pada praktikum sebelumnya.
6.      Tuliskan file header
7.      Buatlah program utama dan tuliskan program berikut di dalam program utama .

8.      Tuliskan program berikut dalam program utama tepatnya di dalam while(1).

9.      Compile dan Build program jika ada yang error perbaiki program. Masukkan file hex menggunakan Khanzama AVR Programer. Klik auto program, amati tampilan LCD.

10.  Hapus program yang ada di dalam while. Tuliskan program berikut di dalam while(1).

11.  Compile dan Build program jika ada yang error perbaiki program. Masukkan file hex menggunakan Khanzama AVR Programer. Klik auto program, amati tampilan LCD.
12.  Hapus program yang ada di dalam while. Tuliskan program berikut di dalam while(1).


13.  Compile dan Build program jika ada yang error perbaiki program. Masukkan file hex menggunakan Khanzama AVR Programer. Klik auto program, amati tampilan LCD.
14.  Hapus program yang ada di dalam while. Tuliskan program berikut di dalam while(1).

15.  Compile dan Build program jika ada yang error perbaiki program. Masukkan file hex menggunakan Khanzama AVR Programer. Klik auto program, amati tampilan LCD.
16.  Hapus program yang ada di dalam while. Tuliskan program berikut di dalam while(1).

17.  Compile dan Build program jika ada yang error perbaiki program. Masukkan file hex menggunakan Khanzama AVR Programer. Klik auto program, amati tampilan LCD.
18.  Buatlah tampilan nama anda berjalan dari kiri ke kanan pada baris 0 dan NIM anda berjalan dari kanan ke kiri pada baris 1 (tampidlan di baris 0 dan 1 muncul secara bersamaan).
19.  Ubahlah nilai dalam lcd_init(16) menjadi lcd_init(40) dan lihat perbedaannya.


5.    DATA HASIL PRAKTIKUM





















0 komentar: